KENAPA ADMIN (terkesan) lambat dalam merespon konflik? (last Update 10.03.2014)

1. Tim Admin terssebar di berbagai belahan dunia, berzona waktu beda; satu melek satunya merem, satu lagi sempat satunya lagi ngga karena berbagai urusan pribadi dan utama masing2 (kerja, studi, keluarga, dsb), sama seperti anda semua kawan2 di KKC..
 Jangan lupakan bahwa Administrator juga memiliki kesibukan sama seperti anda, tidak mungkin kami bisa 24 jam/hari menunggui wall grup.

2. KENAPA ADMIN tidak menindak tegas dan (terkesan) membela anggota2 yang di anggap banyak orang sebagai ‘rusuh’ dan ‘bermasalah’?
 Karena kami kedepankan prinsip: tiap orang tak terkecuali bisa berbuat salah,  bodoh, bahkan jahat sekalipun. Kami percaya tindakan tegas langsung kadang tidak ngebantu orang itu berubah di tempat lain. Kami percaya tiap kita bisa pintar di satu area, tapi bisa ceroboh, dangkal dan alpa di area lain, karena itu kami beri kesempatan untuk memperbaiki diri. Jika kesempatan kedua ini tidak dimanfaatkan dengan baik, baru tindakan tegas akan dilakukan, yang hanya akan diputuskan setelah melalui pertimbangan matang dan obyektif, tanpa tekanan atau ancaman dari pihak manapun. 

3. KENAPA ADMIN (terkesan) lemah dalam gunain hak prerogatif nya?
Lemah dan kuat dalam mengelola sekelompok orang tergantung sudut pandang yang dipakai. 
Kami ingin anggota nunjukkin keragaman pendapat dan pandangan seluas mungkin. Ngga jarang kok kami harus mendepak keluar anggota, bahkan tanpa anggota lain ‘ngeh.
Gaya yang ingin kami biasakan dlm melihat anda semua para anggota adalah gaya berpikir dewasa, terbuka, luas, besar dan rendah hati. Gaya berpikir bersih dengan kepala dingin, dan hati sejuk. Karena kami percaya anda mampu, kalau anda mau!
Persoalannya apakah anda mau dan mampu? Silahkan jawab masing-masing.

Berbagai konflik yang ada di berbagai posting itu dinamika grup yang perlu dilihat dengan bijak, itu hanya sebagian kecil dari proses panjang misi KKC. 
Bicara konflik, konflik itu ibarat lampiran dari paket kebersamaan. Lebih dari 1 orang kumpul, potensi konflik pasti ada. Konflik itu untuk di selesaikan oleh pemiliknya. Bukan untuk di sebar kemana2 dan akhirnya menuding pihak lain sebagai penanggung jawab. 
Konflik antar anggota yang nongol di permukaan grup KKC maupun grup lainnya, ngga berarti menggeserkan misi grup. Jangan sampai "Rusak susu sebelanga karena nila setitik", konflik itu nilanya, susu sebelanga itu keseluruhan isi posting grup dari awal hingga akhir.          

Yang terpenting: Para pemilik konfliklah yang paling bertanggung jawab untuk menyelesaikan konfliknya, kewajiban kami hanya menertibkan lalu lintas grup. Selebihnya, silahkan selesaikan sendiri diluar lingkup grup.